"The Best Solution to Your Carrier"

Friday, January 28, 2022

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGOLAHAN DATA DENGAN SPSS

Konten [Tampil]

MENGENAI SPSS

SPSS (Statistical Program for Social Science) merupakan software aplikasi statistik yang populer karena SPSS dapat membantu pengolahan data dan pengujian hipotesis untuk berbagai uji dan analisis dalam statistika, seperti uji t, uji F, uji-uji non parametrik, analisis regresi, analisis korelasi, dan analisis multivariat dan lain-lain. SPSS merupakan aplikasi statistik paling populer dengan berbagai alat analisis yang cukup lengkap dan mampu memproses data statistik secara cepat dan tepat, menjadikan berbagai output yang dikehendaki para pengambil keputusan.

SPSS digunakan oleh peneliti pasar, peneliti kesehatan, perusahaan survei, pemerintah, peneliti pendidikan, organisasi pemasaran, dan sebagainya. Selain analisis statistika, manajemen data (seleksi kasus, penajaman file, pembuatan data turunan) dan dokumentasi data (kamus metadata ikut dimasukkan bersama data) juga merupakan fitur-fitur dasar dari software SPSS.

Dalam penelitian, pengolahan dan penganalisisan data memegang peranan penting. Data yang telah dikumpulkan terkadang sulit ditafsirkan, oleh karena itu data tersebut perlu disajikan dalam bentuk sebuah tabel atau diagram (grafik).

SPSS digunakan oleh peneliti pasar, peneliti kesehatan, perusahaan survei, pemerintah, peneliti pendidikan, organisasi pemasaran, dan sebagainya. Selain analisis statistika, manajemen data (seleksi kasus, penajaman file, pembuatan data turunan) dan dokumentasi data (kamus metadata ikut dimasukkan bersama data) juga merupakan fitur-fitur dari software dasar SPSS.

MATERI PELATIHAN

Materi yang diajarkan dalam pelatihan SPSS diantaranya:

1. Mengenal Jenis Jenis Data

2. Mengenal SPSS

3. Statistik Deskriptif

4. Uji Statistik

5. Analisis Korelasi

6. Regresi Linier

7. Uji Instrumen Penelitian

8. Interpretasi Hasil Uji SPSS

CARA KERJA SPSS

SPSS adalah software yang dapat membaca berbagai jenis data atau memasukkan data secara langsung ke dalam SPSS Data Editor. Bagaimanapun struktur dari file data mentahnya, maka data dalam Data Editor SPSS harus dibentuk dalam bentuk baris (cases) dan kolom (variables).

Case berisi informasi untuk satu unit analisis, sedangkan variable adalah informasi yang dikumpulkan dari masing-masing kasus. Hasil-hasil analisis muncul dalam SPSS Output Navigator.

Kebanyakan prosedur Base System menghasilkan pivot tables, di mana kita bisa memperbaiki tampilan dari keluaran yang diberikan oleh SPSS. Untuk memperbaiki output, maka kita dapat memperbaiki output sesuai dengan kebutuhan.