"The Best Solution to Your Carrier"

Wednesday, April 29, 2020

(TVRI) MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN KELAS 4-6 SD/Sederajat: Sejarah Kerajaan Tarumanegara (Kamis, 30 April 2020) FULL

Konten [Tampil]

PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH KEMDIKBUD RI
KAMIS, 30 APRIL 2020
Kelas
: Kelas 4-6 SD dan sederajat

Tema
: Sejarah Kerajaan Tarumanegara

Waktu
: 09:00 - 09:30

Live
: TVRI

Kompetensi Numerasi
: Menulis esai pendek untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur

Tema Belajar Dirumah TVRI 30 April 2020 SD Kelas 456 hari ini adalah tentang : Sejarah Kerajaan Tarumanegara. Setelah menonton tayangan Belajar Dirumah TVRI SD Kelas 456 30 April 2020 hari ini, siswa diharapkan dapat menjelaskan awal mula dan sejarah berdirinya Kerajaan Tarumanegara, Siswa juga diharapkan mampu menjelaskan apa saja yang menjadi bukti berdirinya Kerajaan Tarumanegara tersebut. Berikut video pembelajarannya;

Video Pembelajaran : 
Sejarah Kerajaan Tarumanegara
Apabila Video tidak dapat diputar
Silahkan Klik Link dibawah
Pertanyaan Ke-1: 
Jelaskan sejarah berdirinya Kerajaan Tarumanegara!

Jawaban : 
Sejarah berdirinya Kerajaan Tarumanegara :
Kerajaan Tarumanegara atau dikenal dengan Kerajaan Taruma merupakan kerjaan Hindu tertua di Nusantara yang didirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman pada tahun 358 SM. Adanya Kerajaan Taruma bisa diketahui dan dibuktikan dengan adanya tujuh buah prasasti batu yang ditemukan yaitu Lima prasasti ada di Bogor, Satu prasasti ada di Jakarta, dan satu prasasti lagi ada di Lebak Banten. Dari prasasti-prasasti ini diketahui bahwa kerajaan dipimpin oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman pada tahun 358 M dan dia memerintah sampai tahun 382 M.


Pertanyaan Ke-2:
Jelaskan yang menjadi bukti tentang berdirinya Kerajaan Tarumanegara!

Jawaban : 
Yang menjadi bukti berdirinya Kerajaan Tarumanegara adalah :
Adanya tujuh buah prasasti batu yang ditemukan yaitu Lima prasasti ada di Bogor, Satu prasasti ada di Jakarta, dan satu prasasti lagi ada di Lebak Banten.
  1. Prasasti Kebon Kopi, dibuat sekitar 400 M (H Kern, 1917), ditemukan di perkebunan kopi milik Jonathan Rig, Ciampea, Bogor.
  2. Prasasti Tugu, ditemukan di Kampung Batutumbu, Desa Tugu, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, sekarang disimpan di museum di Jakarta.
  3. Prasasti Cidanghiyang atau Prasasti Munjul, ditemukan di aliran Sungai Cidanghiyang yang mengalir di Desa Lebak, Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang, Banten, berisi pujian kepada Raja Purnawarman.
  4. Prasasti Ciaruteun, Ciampea, Bogor
  5. Prasasti Muara Cianten, Ciampea, Bogor
  6. Prasasti Jambu, Nanggung, Bogor
  7. Prasasti Pasir Awi, Citeureup, Bogor

Itulah dua soal pertanyaan dan jawaban TVRI 30 April 2020 untuk SD kelas 456 yang membahas tentang Sejarah Kerajaan Tarumanegara. Secara singkatnya adalah bahwa Kerajaan Tarumanegara atau biasa dikenal dengan nama Kerajaan Tarum ini adalah Kerajaan Hindu tertua kedua setelah Kerajaan Kutai. Kerajaan Tarumanegara ini didirikan oleh Raja Jayasingawarman pada tahun 358 Masehi.


Terimakasih semoga bermanfaat
Jangan lupa tekan tombol Follow/ikuti untuk update materi berikutnya.

0 comments:

Post a Comment