"The Best Solution to Your Carrier"

Wednesday, May 6, 2020

(TVRI) MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN KELAS 7-9 SMP/MTs/Sederajat: TUTORIAL PENYUTRADARAAN DAN PRODUKSI ARTISTIK (Rabu, 06 Mei 2020) FULL

Konten [Tampil]
PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH KEMDIKBUD RI
RABU, 06 MEI 2020
Kelas
: Kelas 7-9 dan sederajat

Tema
: Tutorial Penyutradaraan dan Produksi Artistik

Waktu
: 09:30 - 10:00

Live
: TVRI

Kompetensi Numerasi
: Mempresentasikan pendapat secara lisan dengan argumen yang dapat dipertanggungjawabkan


Pada Tayangan Video Awal, siswa akan menyaksikan materi tentang Dasar-dasar Penyutradaraan oleh Ratrikala Bhre Aditya. Dari tayangan video Program Belajar Dirumah TVRI 6 Mei 2020, siswa akan mengetahui dasar untuk menjadi sutradara, apakah tertarik dengan karir sutradara? Simak yuk, penjelasan dari Ratrikala Bhre Aditya, sutradara yang pernah menjadi Asisten Sutradara dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2 dan Sokola Rimba.
Ratrikala Bhre Aditya adalah seorang sineas yang telah berpengalaman dalam bidang Penyutradaraan. Dia telah menjadi Assisten Sutradara dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2 dan Sokola Rimba. Dalam video ini Ratrikala Bhre Aditya akan menjelaskan bagaimana cara menjadi sutradara dalam produksi film, seperti fungsi dan tugas sutradara, naratif dalam film, elemen dramatik, pengadeganan, mengarahkan pemain dan crew serta artistik dalam film.
Bagian 1: Tutorial Penyutradaraan
Pertanyaan Ke-1:
Pembuatan film tidak terlepas dari peran sutradara. Kemukakan pendapatmu, apakah sebuah film yang diminati penonton tergantung pada sutradara ataukah pemainnya?

Jawaban:
Hal utama yang membuat sebuah Film diminati Penonton adalah Sang Sutradara yang mampu memberikan arahan yang tepat kepada Pemain dan kepada semua orang yang terlibat dalam film tersebut.
Fungsi Sutradara disini bertanggung jawab dalam mengarahkan film agar sesuai dengan skenario yang telah dibuat, sutradara juga yang memilih para pemain, membimbing pemain agar sesuai dengan karakter yang akan diperankan dan memastikan semua berjalan sesuai rencana dari awal sampai akhir sebuah film.

Bagian 2: Produksi Artistik
Pertanyaan Ke-2:
Jika kamu ingin membuat film pendek dengan menggunakan gawai, tata artistik apa yang harus kamu gunakan agar film yang kamu buat bagus?

Jawaban:
Jika ingin membuat fim pendek dengan menggunakan Gawai atau Smartphone atau HP, agar film menjadi bagus maka tata artistik yang harus dilakukan adalah :
  • Tentukan lokasi sesuai tema dalam film
  • Dana yang dialokasikan untuk film yang dibuat
  • Jadwal dan progress yang harus dilakukan
  • Properti yang dibutuhkan untuk film yang dibuat meliputi kostum, peralataan, setting tempat
  • Make Up
  • Editing film dengan menambahkan efek suara, animasi, serta yang lainnya hingga menjadi semua film yang siap ditonton

Pertanyaan Ke-3:
Tuliskan rangkuman tentang pengertianmu akan perancang artistik dan penata artistik!

Jawaban:
Perancang Artistik Adalah : Perancang Artistik adalah Seseorang yang bertanggung jawab pada pembuatan konsep, gambar, jadwal, serta budgeting/alokasi dana dalam sebuah film.
Penata Artistik Adalah : Seseorang yang bertugas untuk mewujudkan fantasi tata ruangan, make up serta berkreasi didalam sebuah film agar semakin menarik untuk ditonton.

Terimakasih semoga bermanfaat,
Jangan lupa follow/ikuti untuk update materi berikutnya

0 comments:

Post a Comment