"The Best Solution to Your Carrier"

Wednesday, October 21, 2020

APA ITU BRAINWARE & SOFTWARE ?

Konten [Tampil]
CARI TAHU YUK MENGENAI BRAINWARE & SOFTWARE

A. BRAINWARE
Merupakan operator atau manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer yang dapat juga disebut sebagai pengguna. Brainware dapat dikategorikan menjadi 2 (dua), yaitu:

1. Laterat Komputer
Kategori Laterat komputer merupakan seorang pengguna/user yang memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang apakah komputer dan bagaimana alat tersebut digunakan. Seorang laterat komputer tidak memiliki kemampuan dan keterampilan untuk menganalisis kerusakan, memanfaatkan komputer untuk aplikasi berbasis interfacing, mengidentifikasi dan pemilihan komponen-komponen yang baik unuk performa terbaik sekaligus merakitnya menjadi sebuah komputer yang lengkap dan dapat beroperasi.

2. Kompeten Komputer
Seorang kompeten komputer menguasai terminologi komputer yang digunakan, menguasai fungsi bagian-bagian sistem komputer, dan memiliki keterampilan menggunakan komputer untuk menghasilkan informasi atau melakukan tugas-tugas yang diinginkan. Kategori ini juga memiliki kemampuan mengidentifikasi dan memilih komponen komputer yang baik untuk performa terbaik. Seorang Diploma III Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara diharapkan memiliki kategori seorang kompeten komputer karena peralatan Telekomunikasi dan Navigasi Udara saat ini dioperasikan menggunakan sistem komputer sehingga seorang teknisi dituntut untuk selalu siap akan datangnya teknologi komputer terbaru.

Yuk simak video berikut mengenai Brainware dan Software

B. SOFTWARE
1. Pengenalan Software
Software Komputer adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan koleksi program, prosedur and dokumentasi komputer yang melakukan beberapa tugas pada sebuah sistem komputer. Istilah ini mencakup application software seperti word processors yang mengerjakan tugas-tugas produktif pengguna, sistem software seperti operating systems yang menghubungkan hardware agar dapat menjalankan software application, and middleware yang mengontrol dan mengkoordinasikan sistem distribusi.

2. Jenis Software
a. Software Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi (software application) adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.

Beberapa jenis dari software aplikasi diantaranya adalah:

1) Business and Office Apllication
Aplikasi perkantoran yang umumnya sering dipergunakan untuk menyelesaikan perkerjaan kantor, seperti mengetik (word processing, document management), membuat tabel kerja (worksheet), membuat database sederhana (MS-Access) ataupun mengolah image/citra sederhana. Contoh aplikasi perkantoran yang terpaket komplit:
  • Microsoft Office
  • Koffice
  • StarOffice
  • Abiword
  • Open Office
  • MS-Office for MAC, dll.
Aplikasi bisnis lainnya juga meliputi aplikasi pengolah data keuangan (misal. Personal Finance Application & Business Accounting Application), contoh :
  • Aplikasi Perhitungan Neraca, Rugi Laba Perusahaan
  • Aplikasi Perhitungan Pajak Personal & Perusahaan
  • Aplikasi Manajemen Proyek
  • Aplikasi Persediaan Stock Barang dan Penjualan
  • Aplikasi Pelayanan Loket & Kredit Nasabah Bank
  • Aplikasi Pemesanan Tiket Pesawat/Kapal Laut, dsb
2) Antivirus and Utility Tools
Aplikasi ini berfungsi sebagai pendeteksi dan penghapus virus dari sistem komputer. Ia bisa menentukan, apakah sebuah PC telah terinfeksi virus atau tidak. Umumnya, software tersebut bekerja dengan cara memindai semua berkas yang diakses, baik dibuka, disimpan maupun dimodifikasi.

Selain kedua fungsi yang disebutkan, ia juga memberi perlindungan dan keamanan terhadap data-data dalam komputer dari serangan virus. Sehingga, pengguna tidak akan khawatir ketika ingin menyimpan file-file penting mereka. Ada beberapa antivirus yang banyak dipakai oleh users, seperti Smadav, AVG, Avira, Bit Defender, Norton, McAfee Secure dan lain-lain. 

3) Graphic Design
Graphic Design adalah salah satu wujud seni lukis (gambar) terapan yang menyediakan kebebasan untuk sang desainer (perancang) dalam memilih, membuat, atau mengatur elemen rupa menjadi seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas sebuah permukaan dengan tujuan agar diproduksi dan dikomunikasikan menjadi suatu pesan.

Desain grafis juga mempunyai banyak aplikasi, seperti Adobe Illustrator, Photoshop, Adobe Indesign, Corel draw dan lain-lain.

4) Development Tools
Development Tools adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk membangun atau membuat aplikasi yang lainnya. Pada umunya development tools ini bekerja membuat program atau aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman yang beragam sesuai dengan yang digunakan oleh aplikasi pemrogramann tersebut.

Development Tools ini juga terdapat beberapa aplikasi diantaranya adalah Visual Studio, Pascal, Dreamweaver, dan sebagainya.

5) Communication Application
Communication appligcation merupakan program yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lain. Contoh : Carbon Copy, DataFax, Procomm Plus, CrossTalk ,Yahoo messenger, Skype.

b. Software Sistem Operasi
Sistem Operasi atau yang juga sering disebut Operating System atau OS adalah software (perangkat lunak) komputer yang memiliki fungsi sebagai pengotrol dan pengatur perangkat keras serta yang menjalankan aplikasi-aplikasi atau software-software lain di dalam komputer.

Tanpa adanya Sistem Operasi atau apabila Sistem Operasi itu rusak, pengguna tidak akan bisa menggunakan aplikasi maupun program pada komputer mereka, kecuali booting.

Sistem Operasi juga berperan sebagai ‘pengubung’ antara hardware dengan software di komputer dan Sistem Operasi-lah yang menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat dijalankan secara bersamaan.

Secara garis besar, sistem operasi dibagi menjadi dua yang berdasarkan interface dengan para pengguna nya yaitu Sistem Operasi Berbasis GUI (Graphical User Interface) dan Sistem Operasi Sistem Operasi CLI (Command Line Interface).

Berikut ulasan dari kedua jenis sistem operasi komputer tersebut :

a. Sistem Operasi Berbasis GUI (Graphical User Interface)
Sistem Operasi berbasis GUI adalah jenis sistem operasi yang menggunakan GUI sebagai interface dengan penggunanya. Pengertian dari GUI (Graphical User Interface) itu sendiri adalah interface pada sistem operasi yang menggunakan tampilan visual (grafis) dan dapat dioperasikan menggunakan berbagai macam alat input seperti keyboard,mouse dan sebagainya. Contoh Sistem Operasi Berbasis GUI :
  • Windows
  • UNIX
  • LINUX
  • IBM OS/2
  • Google Chrome OS
  • MAC OS
  • Free BSD
  • Solaris
b. Sistem Operasi Berbasis CLI (Command Line Interface)
Sistem Operasi Berbasis CLI adalah jenis sistem operasi yang menggunakan CLI (Command Line Interface) sebagai interface dengan penggunanya. CLI (Command Line Interface) adalah tipe interface yang interaksi dengan pengguna nya menggunakan text-terminal.

Di sistem operasi ini, pengguna menjalankan program-program yang ada di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan perintah/code tertentu. Contoh kode yang digunakan di sistem operasi berbasis CLI adalah mkdir yang digunakan untuk membuat direktori atau folder baru, cd yang digunakan untuk berpindah dari satu direktori ke direktori lainnya. Contoh Sistem Operasi Berbasis CLI antara lain:
  • DOS (Disk Operating System)
  • Ubuntu Server
  • Windows server 2008

0 comments:

Post a Comment