"The Best Solution to Your Carrier"

Monday, November 2, 2020

DEFINISI HARDWARE

Konten [Tampil]

 Apa itu Hardware ?


C. HARDWARE
1. Komponen Dasar Perangkat Keras Komputer
Perangkat keras atau disebut juga piranti keras adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah. Komponenkomponen perangkat keras komputer meliputi: Motherboard (papan induk / papan utama), Mikroprosesor (atau disebut prosesor saja), RAM, Cassing, VGA Card, Disk Drive, Hard disk, CD ROM, monitor dan lainlain.

Perangkat keras sistem komputer dapat diklasifikasikan dalam 5 (lima) kelompok yaitu; Input Device, Output Device, Processing Device, Storage Device dan Communication atau I/O Device. Unit-unit ini terhubung satu dengan yang lainnya. Unit-unit I/O digunakan untuk komunikasi antara representasi informasi internal dari sinyal-sinyal elektris dalam komputer dengan representasi eksternal seperti terminal, printer, dan alat-alat sensor atau kontrol. Program-program tersimpan dalam memori dan dikerjakan oleh CPU. CPU membaca deskripsi, atau representasi tiap program dari memori, membaca data yang diperlukan untuk setiap langkah mengeksekusi atau memproses setiap langkah program, kemudian mengembalikan hasilnya ke memori yang sesuai.

Video Penjelasan tentang Hardware

Gambar 1.1 menunjukkan bagan unit-unit yang terdapat pada sebuah sistem komputer.

1) PERALATAN INPUT (INPUT DEVICE)
Operasi input berarti menempatkan data ke dalam memori utama komputer. Data merupakan input bagi komputer, dan selanjutnya data tersebut digunakan untuk proses komputer yang ditangani oleh unit CPU. Data-data yang ada dalam memori utama diproses sesuai dengan instruksi-instruksi yang terdapat pada program komputer.

Program komputer merupakan kumpulan instruksi yang mengatur sistem komputer melakukan operasi input dan output, operasi aritmatik, dan operasi logika.
Untuk menempatkan data dalam memori utama komputer, diperlukan alat, misalnya: keyboard (papan ketik), disk drive, scanner, CD drive, mouse, dan lain- lain.
Berdasarkan fungsi atau penggunaannya, peralatan input dapat digolongkan ke dalam dua golongan, yaitu peralatan input langsung dan peralatan input tidak langsung.

a. Peralatan Input Langsung
Peralatan input langsung memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU seperti misalnya keyboard, mouse, scanner, censor dan voice recognizer.

(1) Keyboard
Keyboard (papan ketik) adalah peralatan input yang paling umum dan banyak digunakan. Input dimasukkan ke peralatan proses dengan cara mengetikkan lewat tombol-tombol yang ada di keyboard.
Tombol-tombol pada keyboard tersebut memiliki kodekode yang dimengerti computer untuk dikonversi menjadi karakter yang ditampilkan pada monitor computer. Kode-kode tersebut dinamakan ASCII (American Standard Code for Information Interchange).

(2) Mouse
Untuk keperluan tertentu seperti pembuatan grafik, gambar atau untuk memindah-mindahkan pointer (penunjuk) dengan cepat, penggunaan keyboard kurang memuaskan. Untuk lebih memudahkan dan lebih mempercepat pekerjaan manusia, peralatan input yang berupa pointing device akan lebih tepat digunakan. Dari sekian banyak jenis pointing device, yang paling populer adalah Mouse.

Mouse adalah pointing device yang digunakan untuk mengatur posisi cursor dilayar. Dengan menggeser mouse di bidang yang datar, misalnya meja, cursor di layar akan bergeser sesuai dengan arah dari pergeseran mouse. Setelah cursor menempati posisi tertentu di layar, tombol yang ada di mouse dapat ditekan untuk beberapa keperluan tergantung dari program yang digunakan.


(3) Scanner
Scanner adalah alat untuk membaca sebuah dokumen baik gambar maupun teks yang dapat disimpan secara digital ke dalam komputer.

(4) Voice Recognition
Voice atau Speech Recognizer adalah sebuah peralatan input yang bertujuan untuk memasukkan input suara manusia secara langsung. Peralatan input jenis ini yang paling populer adalah Microphone.

b. Peralatan Input Tak Langsung
Memasukkan input secara tidak langsung berarti data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi disimpan terlebih dahulu ke suatu media machine readable form (bentuk yang hanya bisa dibaca oleh komputer) yang berbentuk simpanan luar (external memory) misalnya pita magnetik (magnetic tape) atau disk magnetik (magnetic/floppy disk). Hal ini akan dibahas pada bagian memori. Peralatan input tak langsung ini juga dapat digolongkan menjadi peralatan penyimpanan (Storage Device)

2. PERALATAN PEMROSES / CPU (PROCESSING DEVICE)
Peralatan pemroses adalah suatu mekanisme dimana input atau masukan yang berupa instruksi tunggal maupun rangkaian instruksi (program) diproses/diolah untuk mendapatkan output atau hasil keluaran berupa informasi atau data dalam bentuk/format yang lain seperti yang diinginkan oleh pengguna komputer. Dalam sebuah sistem komputer (untuk PC Stand Alone), umumnya yang disebut sebagai peralatan pemroses identik dengan CPU (Central Processing Unit).

CPU sendiri terdiri dari dua bagian utama, yaitu control unit (unit kendali) dan arithmetic and logic unit (unit aritmatika dan logika). Disamping dua bagian utama tersebut, CPU mempunyai beberapa simpanan yang berukuran kecil yang disebut register.

Control Unit bertugas mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output, mengambil instruksi-instruksi dari main memory, mengambil data dari main memory kalau diperlukan oleh proses, mengirim instruksi ke arithmetic and logic unit bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja arithmetic and logic unit, menyimpan hasil proses ke main memory.

Arithmetic And Logic Unit bertugas utama dari arithmetic and logic unit (ALU) adalah melakukan semua perhitungan aritmatika atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika (logical operation) meliputi perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu : sama dengan (=), tidak sama dengan (<>), kurang dari (<), kurang atau sama dengan dari (<=), lebih besar dari (>), lebih besar atau sama dengan dari (>=).

Register merupakan simpanan kecil yang mempunyai kecepatan tinggi, lebih cepat sekitar 5 sampai 10 kali dibandingkan dengan kecepatan perekaman atau pengambilan data di main memory. Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di main memory.

Konsep penting yang mempengaruhi kecepatan dari processor adalah ukuran dari register. Istilah word size menggambarkan ukuran dari operand register yang berkisar dari 8 sampai 64 bit. Misalnya operand register mempunyai word size 16 bit, maka processor tersebut disebut 16-bit processor, selanjutnya banyak yang menyebut komputernya sebagai komputer 16 bit.

CPU disusun oleh beberapa komponen seperti : processor, motherboard, interface card dan lain-lain.

3. PERALATAN OUTPUT (OUTPUT DEVICE)
Peralatan Output berfungsi untuk menampilkan hasil dari pengolahan Peralatan Pemroses. Hasil dari pengolahan tersebut bisa berbentuk gambar, teks maupun suara. Berdasarkan jenis output tersebut maka ada beberapa Peralatan Output yang ada sampai saat ini yaitu Monitor, Printer dan Speaker.

a) Monitor
Monitor merupakan komponen dasar PC yang harus tersedia pada sistem komputer. Monitor (display) adalah alat untuk menampilkan hasil pemrosesan data dari alat pemroses.

Sebuah monitor bisa menggunakan satu diantara beberapa teknologi display. Teknologi yang populer adalah teknologi cathode ray tube (CRT), yaitu teknologi yang sama dengan yang digunakan pada telvisi. Teknologi yang lain adalah LCD (Liquid Crystal Display) yang harganya lebih mahal dari CRT. Active matrix atau Thin-Film Transistor (TFT) adalah monitor berwarna yang terbaik, dimana setiap pixel dikontrol oleh tiga transistor (red, green, blue). Dalam setiap pergantian gambar, layar Active matrix mengerjakannya dengan cepat dan akurat. 

b) Printer
Printer adalah Peralatan Output yang berfungsi untuk mencetak. Teknologi yang dipakai pada printer adalah dot. Gambar yang tercetak pada kertas terbentuk dari banyak dot. Sehingga resolusi pada printer sering dikenal dengan dots per inch (dpi). Beberapa tipe printer yang berdasarkan teknologi dot adalah:
• Printer Dot-Matrix
• Printer Ink-jet dan Bubble-jet
• Printer Thermal
• Printer Laser

c) Audio (speaker)
Peralatan ini dijumpai apabila seseorang menghedaki output dalam bentuk suara.

d) LCD Projector
LCD Projector adalah sebuah peralatan output yang menampilkan hasilnya ke layar. Peralatan ini sering digunakan untuk presentasi atau sebagai pengganti OHP.

0 comments:

Post a Comment