"The Best Solution to Your Carrier"

Tuesday, February 23, 2021

BAGIAN-BAGIAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER (OUTPUT, PROSES & STORAGE)

Konten [Tampil]

 B. PERANGKAT OUTPUT

Alat output adalah alat yang digunakan untuk menampilkan hasil dari proses pengolahan pada CPU. Contoh alat output computer adalah sebagaia berikut:

1. Monitor

Monitor adalah alat yang digunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data berupa grafis. Monitor sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu :

  • Monitor CRT (Cathode ray Tube)
  • LCD (Liquid Crystal Display

Berikut adalah gambar dari kedua monitor tersebut:

2. Printer

Printer adalah alat yang digunakan untuk mencetak hasil pengolahan pada komputer menjadi hardcopy. Terdapat 3 jenis printer yaitu :

  • Printer Dotmatrix
  • Printer Inkjet
  • Printer Laserjet


Lebih lengkapnya bisa dilihat pada Video Pembelajaran berikut ini

C. PERANGKAT PROSES

Alat proses adalah alat yang digunakan untuk melakukan pengolahan data pada computer. Berikut adalah alat-alat proses yang ada pada computer :

a. Processor

Processor adalah sebuah chip yang berfungsi untuk mengontrol dan mengolah data pada computer. Terdapat 2 merek processor yang beredar luas di masyarakat Indonesia yaitu :

• Intel dan AMD

Untuk processor intel ini terdapat beberapa jenis processor yaitu :

  • Intel 286, 386, 486
  • Pentium MMX, II, III, IV, Celeron
  • Pentium IV LGA, Dual Core, Core 2 Duo
  • Pentium M, Centrino, Centrino Duo, Atom, Atom Dual Core
  • Quad Core, Core i3, Core i5, Core i7

Sedangkan untuk processor AMD terdapat beberapa jenis processor yaitu :

  • AMD K5, K6,K6-2, K7
  • Duron, Athlon Sempron, Opteron, Athlon 64 thlon64 x2/fx, Turion, Phenom, Phenom II

b. Motherboard

Motherboard adalah sebuah papan induk dimana semua komponen alat proses di install kan. Istilah singkatan yang ada pada motherboard

AG = Accelerated Graphic Port

PCI = Perpheral Component Interconect

BIOS = Basic Input Output System

CMOS = Complementary Metal Oxid Semiconductor

CNR  = Communication Network Rise

ISA  = Industry Standard Architecture

SATA = Serial Advance Technology Attachment

IDE  = Integrate Drive Electronic

Gambar Motherboard

Yang perlu di perhatikan adalah antara motherboard untuk processor intel dan processor AMD adalah berbeda. Karena setiap motherboard dibuat khusus untuk processor tertentu. 

Komponen-komponen yang umumnya ada dalam sebuah motherboard adalah sebagai berikut :

  • Soket Prosesor yaitu tempat dimana processor dipasangkan.
  • Slot Memori yaitu tempat dimana memoru utama dipasangkan
  • Northbridge, berfungsi untuk mengatur lalu lintas data antara prosesor dengan sistem memori.
  • Southbridge, berfungsi menghubungkan dan mengontrol input, output antara, processor, RAM, perangkat penyimpanan dan periferal lainnya.
  • Slot PCI Express x16, yaitu slot yang bisa dipasang VGA Card generasi terbaru
  • Slot AGP, yaitu slot yang digunakan khusus untuk VGA Card.
  • Baterai CMOS, yaitu baterai yang berfungsi untuk memberikan daya pada BIOS.
  • Port SATA, interface generasi terbaru yang bisa digunakan untuk menghubungkan Hard Disk, Optical drive dengan system computer.
  • Port IDE, yaitu teknologi sebelum SATA memiliki fungsi yang sama seperti SATA
  • Port Floppy Disk, yaitu port yang digunakan menghubungkan floppy disc driver dengan motherboard.
  • Port Power, yaitu port digunakan untuk memberikan daya kepada system computer.
c. RAM (Random Acces Memory)

RAM adalah sebuah memori yang bersifat volatile (sementara) yang berfungsi membantu kecepatan eksekusi pada pengolahan data. Semakin tinggi RAM yang digunakan maka semakin baik pula computer akan berjalan. Jenis-jenis RAM adalah sebagai berikut :

1. EDO RAM

RAM jenis ini pertama kali diciptakan pada tahun 1995 memiliki 72 pin dengan kecepatan clock 50 MHz biasa digunakan pada Pentium 100.

2. SDRAM

SDRAM (Sychronous Dynamic Random Acces Memory) adalah jenis RAM yang banyak digunakan pada computer Pentium II dan III. Memiliki 168- pin dengan kecepatan PC66, PC100,PC133.

3. DDR RAM 

Double Data Rate Random Acces Memory adalah jenis RAM yang banyak digunakan pada Pentium IV. Memiliki 184 pin dengan kecepatan PC-1600, PC 2100, PC-2700, PC-3200, PC-3700, PC-4200.

4. DDR2 RAM

Double Data Rate 2 Random Acces Memory adalah jenis RAM yang biasa digunakan pada Pentium Dual Core dan Core 2 Duo. Memiliki 240 pin dengan kecepatan PC2-3200, PC2- 4200, PC2-5300, PC2-6400, PC2-8500.

5. DDR3 RAM

Double Data Rate 3 Random Acces Memory adalah jenis RAM yang biasa digunakan pada Pentium Quad Core, Core i3, Core i5, dan Core i7. Memiliki 240 pin dengan kecepatan PC3- 6400, PC3-8500, PC3-10666, PC3-12800, PC3-14500, PC3-16000, PC3-17000.

Lalu apa yang membedakan antara DDR RAM, DDR2 RAM dan DDR3 RAM secara fisik ? kita dapat melihat gambar perbandingannya sebagai berikut :

Gambar Perbandingan RAM

d. VGA

Video Graphic Adapter adalah perangkat keras computer yang berfu untuk mengolah grafis pada computer. Semakin tinggi resolusi suatu VGA maka tampilan akan semakin baik. VGA pertama kali di produksi dan dipasarkan IBM pada tahun 1987.

Gambar VGA Card

e. Power Supply

Power supply adalah suatu perangkat keras computer yang berfungsi memasokdaya listrik ke seluruh komponen perangkat keras computer.

Gambar Power Supply

D. PERANGKAT PENYIMPANAN

Alat penyimpanan adalah alat yang digunakan untuk menyimpan data hasil dari suatu pengolahan agar dapat kembali dibuka jika diperlukan. Berikut adalah media penyimpanan yang sering digunakan pada computer:
a. Disket
Disket adalah media penyimpanan yang terbuat dari bahan yang bersifat magnetic.
Gambar Disket

Disket memiliki ukuran: 8 inchi, 5.25 inchi dan 3.5 inchi. Kapasitas disket bisa dilihat dari label yang tertulis, misalnya:
  • DD (Double Density), untuk disket 5.25 inchi mempunyai kapasitas 360 KB, dan disket 3.50 inchi mempunyai kapasitas 720 KB .
  • DHD (High Density) Disket ukuran 5.25 inchi kapasitasnya 1.2 MB, dan untuk dikset 3.50 inchi kapasitasnya 1.4 MB.
  • ED (Enchanced High Density), mempunyai kapasitas 2.8 MB. Dan memiliki ukuran 3.50 inchi.
  • Density adalah kerapatan dalam menyimpan data semakin tinggi density yang dimiliki oleh sebuah disket maka semakin besar pula daya tampung yang dimiliki.
b. Optical Disc
Optical disc adalah media penyimpanan yang dapat menampung data cukup besar biasanya optical disc menggunakan media penyimpanan CD (Compact Disc) yang memiliki kapasitas penyimpanan sekitar 700 MB dan DVD (Digital Video Disc). memiliki kapasitas penyimpanan sekitar 4.7 GB.

Gambar CD

c. Flashdisk
Flashdish adalah media penyimpanan yang sangat popular dikalangan masyarakat saat ini selain praktis dan mudah digunakan flashdish dapat menampung data yang cukup besar dari 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB sampai sekarang masih terus berkembang.
Gambar flashdisk

Flashdisk adalah media penyimpanan data memory flash yang bertipe NAND dan memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi.
1) HDD
Hardisk Drive adalah media penyimpanan utama yang digunakan pada computer dengan kapasitas penyimpanan yang sangat tinggi dan bersifat non volatile.
Gambar bagian dalam hardisk